MENGUBAH MASYARAKAT MUSLIM SAMA DENGAN MENGUBAH CARA PANDANG HIDUPNYA

Perkuliahan kedua Sekolah Pemikiran Islam #IndonesiaTanpaJIL wilayah Bandung pada hari Selasa 17 Maret 2015 telah selesai dilaksanakan di Aula Miraj Tour Lt. 2, Jl. Cihapit No. 41, Bandung. Perkuliahan kedua ini dihadiri oleh lebih dari 30 orang. Materi yg dibahas pada perkuliahan kedua ini tentang The Worldview of Islam (Pandangan Alam Islam) yang disampaikan oleh Dr. Wendi Zarman yang merupakan salah satu spesialis Sains Islam.

Pandangan hidup (worldview) merupakan asas dari setiap aktifitas. Cara pandang, sikap, dan etika seorang manusia dikendalikan oleh pemikirannya dalam memahami suatu hal. Maka dari itu worldview juga menjadi dasar penggerak seorang manusia dalam berbuat atau berprilaku. Worldview of islam atau pandangan alam Islam adalah pemahaman seorang Muslim terhadap konsep-konsep kunci dalam Islam, seperti konsep tentang Tuhan, wahyu, nabi, manusia, alam, dan lain-lain. Konsep-konsep kunci tersebut akan dijadikan alat dalam memandang realitas. “Worldview atau pandangan hidup adalah keyakinan-keyakinan dasar tentang wujud (ilmu) yang melandasi tingkah laku manusia (amal) yang kemudian mempengaruhi kehidupan sosial dan budayanya (peradaban)” ujar Wendi Zarman dalam perkuliahan kedua SPI ITJ wilayah Bandung ini.

“Mengubah masyarakat muslim sama dengan mengubah cara pandang hidupnya. Cara pandang, sikap, etika seorang muslim dikendalikan oleh pemikirannya dalam memahami realitas alam ini. Seorang muslim yang memiliki visi keakhiratan memiliki perspektif berbeda dengan seorang yang bervisi keduniawian dalam melihat setiap realitas dalam kehidupan. Dengan worldview islam yang menempatkan agama sebagai asa seluruh elemen peradaban, salah satunya akan mewujudkan tradisi intelektual islam” Tambahnya lagi.

Pada perkuliahan kedua ini para peserta SPI sangat antusias dalam memahami dan mendengarkan pemaparan materi dari Wendi Zarman. “Worldview of Islam menambah kematangan pemahaman saya dalam beriman sehingga segala amalan yang kita perbuat semuanya berpijak pada keyakinan.” Ujar Ihsan Adzillah salah seorang peserta SPI ITJ dari Jurusan Hukum Universitas Pasundan.

Iklan
Kategori Sekolah Pemikiran Islam #IndonesiaTanpaJIL, Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close