Malam minggu adalah salah satu malam diantara malam-malam dalam 7 hari penanggalan masehi. Tepatnya dihari Sabtu pada malam harinya, itulah malam minggu. Hmmm kalau itu mah nenek-nenek juga pada tau BOY!

Konon malam minggu ini disebut sebagai malam yang panjang. Ya karena malam-malam yang lain dalam penggunaan aktivitas sehari-harinya berkisar diantar pukul 19.00-00.00 saja (terkecuali sedang lembur kerja atau dapat jadwal ngeronda). Berbeda dengan malam minggu. Malam minggu tuh malam yang special gak pake telor, dan gak pedes-pedes amat, yaitu dari jam 19.00 (biasanya setelah isya) bisa sampai jam 06.00 pagi di hari Minggu. Beda kan? Siapa dulu, malam minggu gitu loh!

Kebanyakan manusia yang merasa lelah setelah melakukan rutinitas bekerja, sekolah atau kuliah selama seminggu (senin sampai sabtu) butuh yang namanya refreshing. Menghilangkan ras capek, bosan, jenuh, dll di mala mini sepuasnya, mumpung besoknya hari libur. Lain lagi ceritanya kalau ada pengumuman kerja lembur di kantor pas hari minggu (tapi jarang sih). Bukan malam yang panjang lagi tetapi malam yang meresahkan dan menyebalkan, hehehe

Nah ngomong-ngomong masalah refreshing malam yang panjang ini, biasanya itu identik dengan keluar rumah menuju gemerlapnya malam minggu yang indah. Kebanyakan tersangka penikmat duni malam minggu ini adalah para remaja dan anak ABG (Anak Bakul Gorengan) hehe. Anak Baru Gede yang bener.

Ada yang nonton bola lah, ada yang main PS sampai pagi lah, ada juga yang pacaran lah, ada yang jalan-jalan aja ketaman kota sama ganknya terus foto-foto narsis disitu, ada juga yang kumpul-kumpul di café meong alias nasi kucing (bagi yang kere hehehe), bahkan ada juga yang pergi sendirian melihat orang yang lagi pacaran, ceilah ini malah bikin tambah galau dan ngenes! Merusak mata dosa boy! Kegiatan-kegiatan fenomenal seperti inilah yang ingin ane bahas.
Mengamati perkembangan pergaulan anak-anak dizaman yang modern ini, semakin modern pula pergaulan anak-anak zaman sekarang. Contohnya 1 aja ya, yaitu aktivitas pacaran. Pacaran sudah dianggap hal lumrah, biasa aja gak ada yang aneh, atau setidaknya menyadari bahwa itu bertentangan dengan ajaran agama Islam, tapi ini Tidaaaak!!! Orang tua si anakpun banyak yang ngijinin tak meraasa khawatir tentang pergaulan anaknya karena bagi orang tua itu yang penting bias jaga diri aja. Dan selama ini yang ane amati, cuma pacaran acara maksiat yang pakai pamitan. “Pak, Bu pacar neng udah dating nih, neng pamit dulu ya biasa mau malmingan! ❤ (sambil cium tangan bapak ibunya). NAAAAHHH

Dan gak cuma itu aja, masih banyak sebenarnya fenomena pacaran pas malam minggu. Gaya berpacaranpun sekarang makin kreatif, cowoknya modal motor yang dibeliin orang tua, kredit lagi. Ceweknya pakai celana yang amit-amit jabang bayi dah. Kalau boncengan lengket banget kaya dilem. Naudzubillahimindzalik. Terus kan ini ceritanya kan ya malam minggu malam yang panjang. Pacarannya ke tempat yang romantic di pinggir trotoar jalan, dibawah jembatan layang da nada juga yang di rawa. Mereka duduk berduan kepala ceweknya bersandar di pundak cowoknya. Dan kemudian saling bercerita tentang kehidupan masing-massing, cie cie romantis. Kalau udah kaya gini dunia serasa milik berdua.

Tak terasa waktu pun sudah larut malam. Jam tangan orang lain menunjukkan jam 01.00 minggu pagi (habis nanya orang lewat). Tugas si cowok saatnya mengantar pulang anak orang kembali ke orang tuanya di rumah. “eh tadi selain cerita tentang kehidupan ngapain aja?”. “Kepo amat sih loe? Amat aja gak kepo kayak loe. Ya taulah kan bukan ane yang pacaran.” Ya itulah sedikit cerita tentang goreng (itu kentang!!) eh mangap (itu maaf!!). iya maaf maaf tentang pacaran di malam minggu maksudnya.

Miris gak tuh kalau pergaulan remaja seperti itu? Sangat jauh dari Islam. Berdua-duaan, saling pegang-pegangan tangan layaknya suami istri, padahal belum halal. Jangankan halal lamaran aja belum. Preeet ah. Astagfirulloh Naudzubillahimindzalik. Coba bayangkan kalau itu adik kandung sendiri atau anak kita sendiri, pasti sangat menyayat hati dan perasaan (bagi yang berpikir). Sebenarnya banyak sekali masalah pergaulan yang menyayat hati, gak Cuma pacaran saja. Seperti tawuran antar pemuda atau pelajar, cabe-cabean, nonton konser jingkrak-jingkrak gak jelas, dan sebagainya.

Hemm inilah buah dari pendidikan karakter yang salah. Anak-anak harusnya dididik untuk selalu dekat dengan lingkungan yang islami seperti halnya lingkungan masjid yang mengajarkan pergaulan positif. Dan kita sendiri juga selaku anak yang sayang terhadap orang tua kita sudah selayaknya sadar diri dan jauhkan diri dari bahaya zina dan maksiat yang merugikan keuarga dan akan menjerumuskan kita ke neraka. Naudzubillahimindzalik. Cepat-cepatlah fahami islam secara keseluruhan, perbanyak berinteraksi dengan Quran, perbanyak berkumpul dengan orang-orang sholeh/a supaya diri terhindar dari maksiat-maksiat yang merugikan.

Akhir kata, masbro dan mbaksis sebagai remaja muslim abad ini semoga kita selaku para jomblo cepat-cepat menikah. Menyempurnakan agama loh. Atau yang belum siap nikah, semoga bias istiqomah berpuasa biar gak terjerumus kedalam aktivitas pacaran. Dan semoga kita semua dalam memanfaatkan malam minggu yang panjang ini diisi dengan hal-hal yang bermanfaat bagi diri kita dan orang lain atau lebih mulia lagi untuk Islam. Aamiin ya rabbal ‘alamiin.

Indra Fitriyana | Hamba Allah yang banyak salah.
Akhir kata, masbro dan mbaksis sebagai remaja muslim abad ini semoga kita selaku para jomblo cepat-cepat menikah. Menyempurnakan agama loh. Atau yang belum siap nikah, semoga bias istiqomah berpuasa biar gak terjerumus kedalam aktivitas pacaran. Dan semoga kita semua dalam memanfaatkan malam minggu yang panjang ini diisi dengan hal-hal yang bermanfaat bagi diri kita dan orang lain atau lebih mulia lagi untuk Islam. Aamiin ya rabbal ‘alamiin.

Indra Fitriyana | Hamba Allah yang banyak salah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s