Rasanya tangan ini gatal pengen nulis tentang kalimat diatas tuh. Entah lah akhir-akhir ini rasanya suka banget dengan kalimat itu. Hehe…. Yang hebatnya lagi secara tidak sadar kalimat itu selalu terngiang dipikiran ini deuuh sampai kepikiran kaya gitu ya haha. Ya maklum mungkin karena di bacaan-bacaan buku sama lihat artikel dan denger lagu yang judulnya pergerakan semua. Apapun faktor yang menyebabkannya, kali ini saya ingin menjelaskan tentang kalimat ini.

Bergerak atau Tergantikan. Sebenarnya saya gak tau nih kalimat asalnya dari mana sudah cari ke mas google juga tetap gak ketemu ini kalimat asalnya dari mana tapi yang jelas ada salah satu ayat yang merujuk ke kalimat tersebut yaitu surah Al-Ma’idah ayat 54 yang berbunyi :

“Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintaiNya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mu`min, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui.”

Denger ayatnya aja udah merinding. Kenyataannya adalah memang benar kita selaku pemuda pengemban amanah di muka bumi ini diharuskan untuk terus bergerak, bergerak mewujudkan sebuah perubahan yang lebih baik lagi. Dari ayat itu didapatkan Allah akan menggantikan orang-orang yang meninggalkan agamanya dengan orang-orang yang lebih baik lagi.

Generai 5:54 (diambil dari surah 5 ayat 54) adalah generasi yang akan Allah ciptakan untuk menyongsong kebangkitan Islam. Salah satu kriteria generasi ini seperti yang dijelaskan dalam ayat tersebut adalah orang yang mencintai Allah dan Allahpun mencintainya, bersikap lemah lembut terhadap orang mu’min, keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan-Nya, dan tidak takut kepada celaan orang yang mencela.

Sudahkah kita masuk kedalam golongan orang-orang yang sesuai kriteria diatas? Jika belum, bisa jadi kita masuk kedalam golongan orang-orang yang disebutkan pertama kali dalam ayat diatas, yaitu golongan orang-orang yang tergantikan. Bergerak atau Tergantikan. Jika kita lemah dalam berjuang dijalan-Nya, dalam beramar ma’ruf nahi mungkar bisa jadi kita digantika oleh Allah dengan orang-orang yang lebih siap dari kita dalam mengemban amanah dakwah.

Bergerak atau Tergantikan. Hanya orang-orang terpilih yang ada dijalan ini, mereka yang tangguh, meraka yang selalu menguatkan ruhiyahnya, mereka yang tak terlenakan oleh kenikmatan dunia. Ketika ruhiyah mereka futur sekalipun, maka diri akan terus mencari alasan untu keluar dari jalan ini dan kemudian tertinggal. Bisikkan-bisikkan setan akan terus mempengaruhi akan diri bisa membenarkan diri terhadap apa yang telah terjadi.

Beralasan untuk lebih fokus kepada kuliah dan kemudian kerja agar bisa membantu orang tua dan alasan-alassan lainnya itu akan selalu ada, bahkan ketika tidak ada sekalipun maka akan terus dicari-cari, toh karena 1001 alasan masih bisa diungkapkan. Kuliah dan kerja meman merupakan ibadah, tetapi hanya bisa dinikmati oleh diri sendiri atau mungkin kedua orang tua.

Kebahagiaan sejati adalah ketika kita bisa bermanfaat untuk orang lain walaupun kebermanfaat yang kita anggap kecil sekalipun. Akan ada rasa rindu melihat senyum orang-orang yang kita bantu, kerinduan ketika menyibukkan diri dan tidak membuang-buang waktu, kerinduan berkumpul dengan orang-orang sholeh, kerinduan berkumpul bersaaama orang-orang yang bersemangat karena Allah.

Jangan anggap amanah dakwah sebagai sebuah beban, tetapi justru sebuah nikmat karena kita masih berada di jalan dakwah. Bisa jadi dengan tidak adanya amanah justru membuat kita rentan futur. Kereta dakwah akan terus berjalan dengan atau tanpa keberadaan kita, tinggal kita yang memilih untuk tetap berada di dalamnya menuju tujuan ataukah kita berhenti di tengah jalan tidak meneruskan perjalanan. Pindah ke gerbong yang lain tidak masalah asalkan masih berada dalam kereta dakwah. Misalnya, selepas dakwah sekolah ada dakwah kampus, selepas dari kampus ada dakwah pasca kampus, dan sebagainya, masih banyak lahan dakwah yang lain. Di setiap jengkal bumi Allah yang disitu ada manusianya maka disitu berhak pula ditegakkan agama Allah.

Bergerak atau Tergantikan tinggal kita yang memilih. Akankah kita terlibat dalam memadanikan lingkungan kita atau hanya akan diam karena sudah tergantikan?

Bergerak atau tergantikan.

Madani itu pasti terlibat itu pilihan.

Bergerak atau Tergantikan

Selama badan ini masih mampu bergerak,

Selama semangat masa muda masih berkobar,

Selama status mahasiswa masih bersandang,

Selama nafas ini masih berhembus.

Perjuangan ini, tak kan kuhentikan.

Tak akan kubiarkan orang lain menggantikan ku,

hingga kelak saatnya tiba untuk berhenti berjuang.

Bergerak atau Tergantikan.

Hanya Engkaulah ya Allah yang Maha membolak-balikkan setiap hati manusia, ketika diri ini berpaling cukup lama, kini Engkau panggil lagi diri ini untuk berjuang di jalanMu, Istiqomahkan lah diri ini Ya Allah. Dan jangan palingkan hamba kembali Ya Allah. Berikanlah hambamu ini punggung yang kuat untuk memikul beban ini. Berikan hambamu ini sepatu dan kaki yang kuat untuk melangkahkan kaki di jalan yang penuh dengan lika-liku ini. Semoga engkau selalu memberikan semangat ini.

 

*ditulis malam hari ketika yang lain sudah terlelap dalam mimpi indahnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s