Saat ini banyak sekali pemuda-pemudi Indonesia yang berprestasi dengan karyanya. Dengan semangat mimpinya dan kreativitas yang tinggi, diantara mereka bahkan sampai mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah Internasional.  Karya mereka tentunya bisa menginspirasi anak muda lainnya termasuk kita, ya Mahasiswa. Berprestasi tak harus dari akademis, bisa juga di bidang organisasi, bisnis, dan bidang lainnya. Ketika kita membicarakan prestasi tentunya prestasi tersebut berasal dari mimpi-mimpi yang kita tanam. Dengan mimpilah semua orang bisa menjadi seorang yang berprestasi.

Semua insan manusia mempunyai mimpi dan mimpi pula yang membuat perbedaan diantara manusia. Mimpi untuk menjadi pribadi yang lebih baik, mimpi meraih keberhasilan, dan mimpi tentang keadaan di masa depan. Dari mimpi pula manusia mendapatkan kekuatan untuk terus memperjuangkan yang terbaik bagi kehidupan dan penghidupannya. Mimpi mimpi dan mimpi, alangkah indahnya mimpi.

Saya punya mimpi tentang sebuah kampus yang bisa menginspirasi dalam segala bidang. Kampus yang terasa nyaman dan tenang yang pada setiap langkah yang dipijakkan pada setiap jengkal kampus tersebut. Kampus yang nyaman dengan senyuman ikhlas para penghuninya. Kampus yang menjadi tenang karena nilai Islam sudah menjadi jiwa bagi setiap insan manusia. Kampus di mana toleransi menjadi benang untuk merajut persaudaraan, nilai profesionalitas menjadi katalis setiap kegiatan, dan semangat saling memberi menjadi ornamen yang membuat kampus tersebut semakin indah.

Kampus Madani, sebuah pilihan diksi yang sangat tepat untuk mengekspresikan tentang keberadaan kampus di masa yang akan datang. Sebagaimana konsep madaniyah yang telah dibangun oleh Rasulullah ketika perkembangan dakwah Islam. Saat itu nilai Islam bisa dirasakan oleh semua penduduk Madinah yang terdiri dari berbagai agama. Saat itu kepemimpinan Rasul menjadi idola bagi setiap penduduk Madinah, tidak peduli ia berasal dari suku atau agama tertentu. Saat itu Islam menjadi sebuah tata nilai yang telah meresap di hati setiap orang yang telah mengenalnya.

Keberadaan Kampus madani adalah solusi atas berbagai problematika umat, bukan menjadi sumber masalah. Dakwah kampus hadir sebagai bagian dari jawaban kegelisahan masyarakat, bukan menjadi beban baginya. Dakwah kampus haruslah menghasilkan pemimpin besar yang mampu menginspirasi dunia, bukan menghasilkan pribadi yang bahkan tidak bisa bersosialisasi dengan orang lain. Dakwah kampus kini, esok, dan seterusnya adalah kesinambungan yang tiada henti meretaskan mimpi-mimpi indah tentang dunia yang lebih baik dan tiada bosan meninggalkan jejak-jejak karya besar yang bisa merangkai senyum dunia.

Karena kita berada di dunia bukan sebagai penonton, tetapi kita adalah katalis peradaban yang akan mengubah dunia dengan berbagai inspirasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s